DAFTAR PERTANYAAN PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN :

DAFTAR PERTANYAAN PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN :

1. Bagaimana cara agar seseorang dapat meminjam buku pada perpustakan ini ?
2. Syarat apa saja yang harus dipenuhi agar bisa mejadi anggota perpustakaan ?
3. Berapa lama proses yang dibutuhkan untuk membuat semacam kartu anggota ?
4. Dalam pembuatan tersebut menggunakan peralatan dan bahan apa saja ?
5. Dalam perpustakaan ini ada berapa total keseluruhan buku (judul) yang dimiliki ?
6. Untuk mengetahui berapa total koleksi buku yang ada dan juga daftar dari buku-buku yang ada, dapat diperoleh dari mana ?
7. Ada berapa tenaga (petugas) yang bertugas melayani para anggota atau pengunjung di perpustakaan ini ?
8. Apa tugas dari masing-masing petugas tesebut ?
9. Perpustakaan ini dalam pelayanannya kepada publik, menerapkan sistem pelayanan yang bagaimana, secara terbuka atau tertutup ?
10. Sesuai dengan sistem pelayanan yang digunakan, bagaimana prosedur peminjaman buku dan juga pengembalian buku tersebut ?
11. Bila seorang pengunjung masih mencari-cari buku yang dibutuhkan atau kesulitan dalam mencari buku yang dikehendaki, apakah ada semacam fasilitas atau bantuan yang dapat digunakan untuk mencari dan menemukan buku yang dicari sesuai dengan sistem yang dipakai dalam perpustakaan ini?
12. Apakah ada batasan-batasan khusus seperti maksimal jumlah buku yang boleh dipinjam, buku-buku yang boleh dipinjam dan buku-buku yang hanya boleh dibaca di tempat, serta berapa hari maksimal batas peminjaman suatu buku.
13. Darimana seorang petugas dapat mengetahui bahwa telah terjadi pelanggaran batas / ketentuan yang telah ditetapkan pada hal-hal tersebut di atas semisal seperti telah melebihi batas akhir peminjaman ?
14. Hal-hal tesebut di atas, apakah secara otomatis dapat diketahui atau hanya secara manual berdasarkan pengecekan ulang petugas ?
15. Hal apa atau tindakan apa yang digunakan untuk mencegah ataupun mengatasi bila telah terjadi seperti sesuatu di atas ?
16. Bagaimana atau berdasarkan apa pengelompokkan buku-buku yang ada dalam ruang perpustakaan ini ?
17. Kaitannya dengan standar kepustakaan, sistem klasifikasi apa yang di pakai perpustakaan ini dalam mengkelompokkan buku-buku yang ada, "Sistem Dewey Decimal" atau "Sistem Library of Congress" ?
18. Dalam pencatatan buku-buku yang ada atau koleksi yang dimiliki, apakah setiap buku ada catatannya semua ?
19. Apakah ada semacam daftar, indeks atau semacam daftar katalog atau bahkan semacam referensi dari masing-masing buku yang telah ada di perpustakaan ini ?
20. Kemudian daftar semuanya itu di buat dalam bentuk apa ?
21. Dan daftar yang telah ada itu apakah bersifat tertutup atau terbuka ?
22. Jadi apabila seorang pengunjung ingin mencari suatu buku, dapat langsung mencari sendiri atau harus melalui petugas yang ada ?
23. Di perpustakaan ini, selain menyediakan buku-buku, apakah ada bahan informasi, media informasi lain seperti jurnal, artikel-artikel atau literatur lainnya ?
24. Bagaimana bila terjadi penambahan buku baru (koleksi baru), apakah informasi tersebut dapat langsung diketahui oleh anggota atau pengunjung, dan juga dengan sistem yang ada akankah dapat langsung tertangani ?
25. Selama ini, dengan sistem pelayanan yang telah diterapkan dan berjalan dan dengan jumlah tenaga yang ada, apakah bisa melayani para anggota atau pengunjung secara optimal, terutama di saat banyak pengunjung di perpustakaan ini ?


Disusun Oleh :
No. Nama NIM
1. Sri Mulyo Agustina 12067780
2. Ardian Widia 18082841
3. Indarti 18082842
4. NurHayati 18082843
5. Hero Aryanto 18082845
6. Uranian Surya 18082846
7. Leo Agung 18082847
8. Laurentius Heri 18082848
9. Angga Susilo 18082849
10. Suparman 18082850
11. Harni 18082852
12. Nugroho 18082854
13. Nunik Nur 18082855

0 comments:

Copyright © AMd. Manajemen Informatika » "Blog Informatika Sore"
All rights reserved.