SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA)

SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIA)

Analisis Kebutuhan Program pendidikan pada perguruan tinggi dewasa ini telah memulai pemanfaatan teknologi informasi dengan menyediakan sistem informasi akademis (SIA) yang ditujukan kepada dosen, mahasiswa, dan tata usaha program tersebut.
SIA tersebut, walau sudah banyak bermanfaat, masih dapat banyak dikembangkan lebih lanjut.
Modul yang sudah disediakan dalam Sistem Informasi Akademis secara umum dapat dilihat sekilas sebagai berikut:
a. Sistem Informasi Akademis Bagi Mahasiswa
Dalam sistem informasi akademis bagi mahasiswa ini mahasiswa dapat melakukan akses pada modul dan melakukan pengolahan data :
- Nilai Hasil Studi
- Pemeriksaan Jadwal Kuliah
- Pendaftaran Mata Kuliah
- Pengisian Data Pribadi (Curriculum Vitae)
- Penilaian Kinerja Dosen selama proses belajar mengajar
- Menyampaikan Kritik dan Saran Bagi Dosen/Pihak Jurusan

b. Sistem Informasi Akademis Bagi Dosen
Dalam sistem informasi akademis bagi dosen, terdapat beberapa proses yang dapat dilakukan antara lain :
- Memasukkan data nilai mahasiswa sesuai mata kuliah yang diajar
- Melihat Hasil Penilaian Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen yang bersangkutan
- Pengisian data Pribadi
- Melihat Resume Hasil studi mahasiswa berdasar mata kuliah atau bidang studi yang diajarkan
- Memasukkan data hasil penelitian ataupun prestasi dosen secara khusus
- Memasukkan jadwal ketersediaan waktu untuk mengajar

c. Sistem Informasi Akademis Bagi Tata Usaha Dalam sistem informasi akademis bagi tata usaha, tata usaha dapat melakukan beberapa proses, yaitu :
- Memasukkan data nilai mahasiswa
- Mengubah data nilai mahasiswa dari semester yang sudah lewat
- Melihat Hasil Penilaian Mahasiswa terhadap Kinerja Dosen dan Kinerja Pegawai
- Membuat jadwal kuliah dan menentukan masa pendaftaran kuliah

d. Sistem Informasi Akademis Bagi Dekan/Rektorat Untuk dekan / retorat, dapat melihat semua data, antara lain :
- Melihat data perbandingan angkatan.
- Melihat detail nilai untuk semua mata kuliah.
- Melihat data presensi dosen dan mahasiswa.
- Melihat data quality assurance.
- Melihat data keuangan

Untuk selanjutnya sistem informasi akademis sendiri dapat dikembangkan lebih jauh meliputi : ?
menjamin Quality Assurance dari kinerja dosen maupun pegawai, ?
mengolah informasi keuangan, baik masukan dan keluaran, ?
membantu Administrasi, khususnya dalam menuju Paperless Document, ?
mengolah informasi sumber daya manusia maupun inventaris, ?
mengakses pustaka online (untuk diperjelas pada bagian terpisah), dan ?
membantu pembelajaran jarak jauh (untuk diperjelas pada bagian terpisah).

==========

Sistem Akademik Sekolah tentang perhitungan nilai siswa dengan report

Program komputer Akademik mampu memberikan kecepatan pelayanan akademik, pengolahan data yang akurat, pencarian informasi seketika dan dokumentasi semua data akademik dalam database. Juga mendukung multiuser (LAN) sehingga data bisa digunakan bersama.
- Pengelolaan Daftar Induk Siswa & Guru.
- Fasilitas filter yang memudahkan untuk seleksi data.
- Pengelolaan Program/Kelas dan Mata Pelajaran secara mudah
- Pencatatan Data Absensi dan Nilai Akademik Siswa.
- Pencatatan Pembayaran SPP dan Pembayaran Lain-lain.
- Mencetak daftar Siswa, Daftar Guru, Pengelompokan Kelas dan Siswa dengan Multi Seleksi.
- Mencetak Raport Siswa.

Aplikasi menyediakan form-form isian untuk data-data siswa, guru, kelas, hingga mata pelajaran. Oleh karena itu, bagian ini merupakan bagian utama dalam program. Sementara Laporan menghasilkan output dari seluruh aktivitas siswa. Mulai dari rapor per semester, absensi siswa, daftar guru, dan siswa bisa ditampilkannya. Hasilnya juga bisa dicetak ke dalam printer. Sebelum menggunakan program ini, terlebih dahulu harus dipersiapkan data seluruh siswa dan pengajar yang ada dalam sekolah. Selain siswa dan pengajar, penunjukan wali kelas, kepala sekolah, hingga penyusunan mata pelajaran juga bisa di-input langsung ke dalam program ini. Kedelapan tab tersebut adalah, "Biaya lain-lain" untuk menentukan biaya-biaya yang harus dibebankan ke siswa,
"Program" untuk penentuan paket mata pelajaran yang harus diberikan ke siswa, "Kelas", "Materi pelajaran", "Biaya SPP", "Maintenance" untuk proses backup, "Nama sekolah", dan "File Pendukung".

2 comments:

BSI purworejo mengatakan...

Salam sukses dari BSI Purworejo'>BSI Purworejo

rental komputer surabaya mengatakan...

ada contohnya gak Sistem informasi akademiknya, minat nih... hehe

Copyright © AMd. Manajemen Informatika » "Blog Informatika Sore"
All rights reserved.